Designed by:
SiteGround web hosting pustaka pps unsri
Layanan & Fasilitas
Sistem Layanan

      Sejak dua tahun terakhir ini Perpustakaan PPs Unsri telah mengotomatisasi sistem pelayanannya. Pelayanan terotomasi telah berjalan secara penuh  sejak Perpustakaan PPs Unsri menempati gedung baru (Juli 2006). Semua pelayanan berikut telah menggunakan sistem komputerisasi: monitoring pengunjung, pencatatan peminjaman  dan pengembalian buku, penelusuran literatur, monitoring buku yang dibaca, pencetakan katalog, pencetakan Kartu  Tanda Anggota, dan penghitungan  uang denda. Perpustakaan PPs Unsri menggunakan sistem layanan terbuka. Artinya para pengunjung dapat secara langsung meng-akses koleksi buku teks, majalah, dan jurnal di raknya masing-masing. Hanya koleksi tesis dan disertasi yang ditaruh di lemari terkunci dan perlu bantuan petugas untuk mengaksesnya. Meskipun layanan menggunakan sistem terbuka, pengguna diharapkan untuk menelusuri buku yang dibutuhkannya melalui katalog online atau OPAC (Online Public Access Catalog) terlebih dahulu sebelum menuju rak buku. Dari sisi pengguna, penelusuran melalui katalog akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pencarian literatur dan dari sisi perpustakaan akan membantu memelihara kerapian susunan buku.  Perlu diketahui bahwa susunan buku di rak-rak buku Perpustakaan PPs Unsri disusun dengan sangat teratur sesuai nomor kelas buku yang bersangkutan, sehingga pengguna yang menelusuri data buku melalui OPAC PPs Unsri dengan sangat mudah akan menemukan buku yang dicarinya di rak sesuai dengan susunan numerikal kelas buku menurut DDC (Dewey Decimal Classification).

 

Jenis Layanan

Seperti halnya perpustakaan perguruan tinggi lainnya, Perpustakaan PPs Unsri memberikan pelayanan berikut :

·          Peminjaman buku;

·          Pencetakan dokumen hasil penelusuran informasi dari internet

·        Penduplikasian (foto copy) dokumen cetak termasuk tesis dan disertasi sesuai dengan prosedur dan aturan yang telah ditetapkan

·          Penduplikasian VCD/CD pesanan pengguna.       

Layanan Kerjasama: 

Pemenuhan kebutuhan informasi dan literatur para sivitas akademika PPs Unsri kadang kala membutuhkan layanan dari penyedia informasi dari luar Perpustakaan PPs Unsri. Untuk itu, Perpustakaan PPs Unsri telah membina kerjasama dengan beberapa lembaga penyedia informasi seperti PDII-LIPI dan berbagai perpustakaan perguruan tinggi lain. Prosedur pemanfaatan jasa layanan kerjasama ini dapat ditanyakan langsung kepada petugas sirkulasi Perpustakaan PPs Unsri.

Perpustakaan PPs Unsri juga dapat memenuhi pesanan pembelian buku terbitan dalam dan luar negeri melalui kerjasama dengan beberapa penerbit, agen, dan toko buku. Peminat dapat melihat buku yang diperlukan pada lemari pajang yang ada di samping ruang layanan sirkulasi atau memesan melalui katalog penerbit.

 

Jam Operasional Layanan

Diluar hari libur resmi PPs Unsri, Perpustakaan PPs Unsri beroperasi selama 7 hari dalam seminggu  dengan jam layanan sbb:

Senin sampai Jum’at      : Pkl. 08:00 WIB  s.d  20:30 WIB
Sabtu                         : Pkl. 08:00 WIB  s.d  16:00 WIB
Minggu                       :  Pkl. 10:00 WIB  s.d  16:00 WIB          

 

 

http://pustaka.pps.unsri.ac.id